Boyolali, tahun pelajaran 2018 / 2019 ada yang berbeda dengan Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor. Dalam kesempatan ini sekertaris jurusan Sidik F. N , S. Pd memberikan informasi bahwa jurusan TBSM mulai tahun 2018 untuk penentuan siswa yang masuk ke kelas khusus baik kelas Yamaha, kelas BNSP atau kelas kewirausahaan dia adakan seleksi mulai dari kelas X.

Tujuan di mulainya recruitment lebih awal dari kelas x ada beberapa alasan seperti yang di uangkap oleh M. Faruk effendi selaku K3 dari TBSM SMK Muhammadiyah 04 boyolali, sebagai berikut :

  1. Kelas x haraapnnya dapat di bentuk lebih dini dengan kompetensi yang sesuai dengan kurikulum kelas khusus
  2. Tidak ada perombakan kelas seperti yang terjadi dalam beberapa tahun sebelumnya.
  3. Mensinkronkan kurikulum dari awal antara dunia industri dengan sekolah.

Kelas khusus yang ada di jurusan TBSM ada beberapa, berikut penjelasannya :

  1. Kelas khusus yamaha (KKY)

Kelas khusus yamaha / KKY berdiri mulai tahun 2010, SMK muhammadiyah 04 Boyolali berkesempatan bekerja sama dengan vendor Yamaha dalam pengembangan kurikulum industri. Setelah sebelumnya bekerja sama dalam pendirian bengkel Yamaha di lingkungan Sekolah SMK Muhammadiyah 04 Boyolali.

SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dipercaya menempati jenjang Level A di kelas khusus Yamaha sehingga mendapat perhatian khusus oleh yamaha dalam hal kurikulum secara teori dan praktek.

  1. Kelas khusus BNSP

Kelas BNSP mulai di bentuk menjadi sebuah kelas khusus pada tahun 2015, kelas BNSP mempunyai hubungan dengan badan sertisikasi nasional atau BNSP R2 yang pada tahun – tahun sebelumnya telah mengesahkan TUK untuk SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dalam bidang R2 atau sepeda motor

  1. Kelas kewirausahaan

Kelas ini terbentuk dari representasi tujuan SMK yaitu menciptakan lulusan yang bisa berwirausaha, dengan demikian harapan dari kelas ini , dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

 

Dalam kelas khusus ini akan mendapatkan tambahan materi pembentukan karakter yang diharapkan menjadi bekal ketika akan terjun ke dunai masyarakat secara umum dan industri khususnya.

 

Peserta yang mengikuti seleksi kelas khusus pada tahun ini berjumlah 64 orang, berasal dari tes peminatan yang sebelumnya di sebarkan kedalam kelas masing – masing yaitu : X TBSM 1, X TBSM 2, X TBSM 3.

Dalam tahun ini semua kelas yang ada akan menjadi kelas khusus sesuai dengan kriteria masing – masing. Kuota tahun ini kelas khusus adalah sebagai berikut :

  1. KKY : 32 orang
  2. BNSP : 32 orang
  3. KWU : 26 orang

Semoga kelas – kelas khusus ini menjadi kelas inspirasi untuk siswa lain dan masyarakat dapat menikmati hasil dari pembetukan karakter dari kelas khusus yang ada di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder
Open chat
HALLO,
SAYA ADMIN SMK MUH 04 BOYOLALI
BISA KAMI BANTU??