Boyolali, SMK Muhammadiyah 04 boyolali, bekerja sama dengan kwarda HW ( kwartir daerah hisbul wathon) boyolali, mengadakan kegiatan pelatihan Pembina HW tingkat penghela di SMK Muhammadiyah 04 boyolali.

Kegiatan yang di adakan pada hari sabtu, 3 agustus 2019 di ikuti oleh semua guru SMK Muhammadiyah 04 boyolali, kegiatan ini di laksanakan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenail hisbul wathon kepada guru – guru di SMK Muhammadiyah 04 boyolali.

Suprap, S.Pd, selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam paparan pada waktu pembukaan acara menyatakan bahwa perlunya semua guru di ajak untuk mengikuti kegiatan pelatihan Pembina ini dikarenakan dalam HW tingkat penghela atau tingkat SLTA ada buku kegiatan atau biasa di sebut dengan SKT ( syarat kenaikan tingkat) yang kompetensinya berhubungan dengan pelajaran – pelajaran yang di ampu oleh bapak – ibu guru di SMK Muhammadiyah 04 boyolali.

Susuanan kegiatan pelatihan ini di bagi menjadi tiga sesi, yaitu :

  1. Sesi 1

Sesi ini dimulai di pagi hari, dari jam 03.30 setelah upacara pembukan sampai dengan jam 10.00 pada saat sesi coffe break. Dalam sesi ini materi di sampaikan oleh ramanda Paidi, S.Pdi yang bertindak sebagai ketua bidang organisasi kwarda HW boyolali memberikan materi mengenai sejarah dari HW beserta hal – hal yang mendasarinya, antara lain, AD ART, lambing, symbol, dan seragam HW.

 

  1. Sesi 2

Setelah coffe brak di lanjutkan dengan materi selanjutnya hingga menjelang sholat dhuhur oleh ramanda Abdul Aziz S.Ag, M.PdI, beliau merupakan ketua kwarda hw boyolali. Materi yang diberikan beliau berkisar tentang :

  1. Organisasi qobilah
  2. Dewan kesatuan
  3. Mengelola satuan
  4. Peran , fungsi, dan tanggung jawab pimpinan satuan
  5. Membangun kerjasama kelompok

 

 

  1. Sesi 3

Sesi ini di laksanakan setelah ISHOMA , setelah dhuhur sampai pukul 14.00 WIB , membahas tentang :

  1. Program kerja peserta didik
  2. Cara membina peserta didik
  3. Kegiatan bermutu yang menarik, menyenangkan, dan menantang untuk peserta didik
  4. Upacara dan perkemahan sebagai alat pendidikan

Sesi ini di ampu oleh ramanda Mustamik, S.Pdi sebagai ketua bidang diklat dan pelatihan kwarda HW Boyolali.

Peserta selain di bekali dengan materi tentang HW juga di bekali dengan permainan dan ice breaking yang dapat membuat suasasanya menjadi nyaman dan menyanngkan saat kegiatan hw nantinya.

Semoga setelah mengikuti kegiatan pelatihan Pembina hw ini, guru – guru di smk muhammadiyah 04 boyolali, dapat menjadikan kegiatan hw di SMK Muhammadiyah 04 boyolalilebih baik dari tahun – tahun sebelumnya dan benar – benar dapat memberikan bekal selain bekal akademik dalam kegiatan belajar – mengajar yang dapat digunakan dan di manfaatkan dalam kehidupan dalam masyarakat setelah lulus nanti atau saat pulang dari SMK Muhammadiyah 04 boyolali.

<red/latif>

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder
Open chat
HALLO,
SAYA ADMIN SMK MUH 04 BOYOLALI
BISA KAMI BANTU??