Dalam praktik pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali, penulis mengalami beberapa permasalahan seperti motivasi belajar peserta didik dan keaktifan peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran masih kurang sehingga pembelajaran cenderung berjalan satu arah. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan oleh penulis terlalu monoton, masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru. Penulis juga jarang menggunakan media pembelajaran yang menarik. Dampaknya, suasana pembelajaran dikelas kaku dan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih rendah. Sehingga dalam hal ini penulis menentukan model pembelajaran yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning. Dengan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning maka peserta didik dilatih untuk selalu berpikir kritis dan terampil dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Menurut Prasetyo & Abduh (2021), dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema perkembangan teknologi. Selain penentuan model pembelajaran, penulis juga menentukan media yang cocok dalam pembelajaran, khusunya pada pembelajaran teks editorial. Dalam hal penentuan media pembelajaran penulis memilih untuk dengan media Audio Visual serta pemanfaatan TPACK (PPT dan HP). Menurut Yanti, Maulida Dkk (2021:121) media audio visual merupakan salah satu media yang tepat dalam pembelajaran karena media audio visual dapat menarik perhatian siswa dan pesan atau materi yang disampaikan dapat dilihat dan didengar langsung oleh siswa, apalagi jika siswa tersebut terlibat langsung dalam penggunaan dan pemanfaatan media audio visual tersebut. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat menimbulkan dampak positif dalam proses pembelajaran
Categories: GURU & KARYAWAN